Jumat, 31 Oktober 2014

Cara Membuat Susu Kedelai Murni Sendiri

Cara Membuat Susu Kedelai Murni Sendiri. Semua orang sudah tahu Susu kedelai. Yaitu susu yang dibuat dari kacang kedelai dengan aneka bahan lain yang ditambahkan didalamnya. Susu Kedelai mempunyai banyak giZi dan manfaat untuk kesehatan apalagi susu kedelai yang dibuat dengan cara murni. Pembuatan susu kedelai hanya membutuhkan kedelai dan susu, bisa juga ditambahkan dengan daun pandan, gula dan vanila untuk menghilangkan bau kedelai.

Agar susu kedelai menghasilkan khasiat yang lebih, anda bisa menambahkan beberapa bahan seperi serai, jahe cengkih, kayu manis, bubuk coklat, teh bubuk.
Cara Membuat Susu Kedelai Murni Sendiri

Tahap Dasar pembuatan Susu Kedelai

  1. Ambil susu kedelai dan rendam semalaman hingga kacang kedelainya membesar dan mengembang, selanjutnya hilangkan kulit ari dari kacang kedelai
  2. Kemudian masukkan dalam blender kedelai, dan masukkan air dengan perbandingan 1:3. Yaitu kalau i mangkok kedelai maka masukkan air sebanyak 3 mangkok.
  3. Setelah semuanya diblender, maka saring dengan kain halus atau kain kasa, atau menggunakan saringan yang lobangnya halus
  4. Proses selanjutnya yaitu merebusnya, ini bertujuan menambah rasa, mensterilkan dari kuman, dan mengurangi aroma kedelai yang masih langu. Perebusannya dilakukan dengan api sedang dan di aduk-aduk agar kedelai tidak pecah, anda bisa menambahkan berbagai bahan disini untuk menambahkan khasiatnya.
  5. Anda bisa memasukkan bahan seperti daun pandan atau vanili, jahe, bubuk coklat, gula, sedikit garam atau lainnya. Tetapi memasukkan vanili, jngan terlalu banyak karena akan menyebabkan rasa pahit.
  6. Ini cocok di minum selagi hangat atau setelah dingi dalam kulkas

Resep Variasi Minuman Susu Kedelai

  • 2 cangkir susu kedelai
  • 3 cangkir irisan buah persik beku
  • ¼ cangkir madu
  • 8 kantong teh putih rasa peach
Cara Membuatnya:
  1. Panaskan susu kedelai sambil diaduk sampai hangat, ingat jangan sampai mendidih. Tambahkan teh celup dan masukkan ke dalam susu kedelai, dan diamkan selama 5 menit.
  2. Buang teh celup, masukkan campuran susu kedelai dalam lemari es selama 15-20 menit sampai dingin.
  3. Selanjutnya masukkan susu kedelai dingin, persik dan madu ke dalam blender atau food processor. Blender dengan kecepatan tinggi sekitar 1 menit atau sampai halus, tuang ke dalam gelas lalu sajikan.
Demikianlah cara membuat susu kedelai murni yang enak diminum dan banyak khasiatnya untuk kesehatan. Selamat mencoba dan menikmati susu kedelai murni.

Artikel Terkait Minuman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar