Kamis, 13 Agustus 2015

Resep Membuat Bubur Sumsum Lezat

Resep membuat bubur sumsum lezat - Bubur adalah makanan pelengkap atau makanan pengganti makan berat, bagi anda yang berpuasa makan bubur sumsum sangat cocok sebelum makan nasi. Bubur sumsum mempunyai rasa yang enak dan legit serta aromanya yang khas. Cara membuat bubur sumsum sangatlah mudah dan anda tidak butuh banyak waktu untuk menghasilkan satu mangkok bubur sumsum lezat. Selain mudah dalam membuatnya, bahan bahan untuk membuat bubur sumsum juga tersedia dikedai kelantong atau supermarket terdekat dengan rumah anda.
Resep Membuat Bubur Sumsum Lezat


Namun, walaupun cara membuat bubur sumsum tergolong mudah, tetap ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar bubur sumsum buatan anda bisa optimal dan enak serta lezat ketika dicicipi. Biasanya banyak orang yang membuat bubur sumsum dengan menggunakan tepung beras namun mereka tidak mengaduk dengan sebaik, sehingga terasa ada butiran tepung pada bubur sumsum, begitu juga dengan jenis tepung beras yang anda gunakan, usahakan menggunakan tepung beras berkualitas tinggi agar hasil bubur sumsum nantinya bagus. Dulu, banyak orang yang menggunakan tepung buatan sendiri yang digiling atau ditumbuk sendiri dari hasil panen disawah, ini tentu akan memberikan kualitas tersendiri bagi bubur sumsum anda. Lantas, bagaimana cara membuat bubur sumsum enak dan lezat kesukaan anda, berikut kita lihat pembahasannya.

Resep Cara Membuat Bubur Sumsum Lezat


Bahan bahan yang digunakan adalah:
  • 100 Gram tepung beras kualitas bagus. Usahakan menggunakan tepung beras bagus yang wangi dan tidak bau apek.
  • Santan kental dari kelapa parut lebih kurang 650ml.
  • Garam yodium secukupnya saja, atau setengah sendok teh saja
  • Jangan lupa gunakan daun pandan lebih kurang 6 lembar, ini untuk memberikan aroma khas bubur sumsum. 3 lembar untuk bubur, 2 lembar untuk saus dan 1 lagi untuk santannya.
  • 250 gram gula jawa, sebaiknya gula jawa dipotong halus halus agar mudah dalam menggunakan untuk membuat saus gula nantinya
  • Untuk membuat kuahnya, siapkan santan kental sebanyak 200 ml
  • Garam dapur beryodium untuk dimasukkan dalam kuah santannya.

Cara Membuat Bubur Sumsum Enak dan Lezat


Berikut langkah langkah pembuatan bubur sumsum enak dan lezat sederhana. Ikuti yuk..!

  1. 650 ml santan yang ada dibagikan menjadi dua bagian, satu bagian simpan dalam panci bersama dengan daun pandan, dan masak dengan api kecil. Aduk aduk terus agar santannya tidak pecah.
  2. Ambil satu panci lagi, dan masukkan santan yang sisanya bersama tepung beras, dan masukkan juga setengah sendok garam. Ke-3 bahan ini di aduk aduk hingga rata dan tidak terasa ada gumpalan lagi.
  3. Seterusnya, tuangkan adonan santan dan tepung beras barusan kedalam panci santan yang sedang direbus dengan api kecil tadi. Aduk aduk lagi agar tidak ada gumpalan.
  4. Masak bubur sumsumnya hingga benar-benar matang (tidak berbau tepung beras lagi), hingga disini anda tetap mengaduk-aduk adonan tadi hingga kental dan ada letupan-letupannya. Kalau sudah matang, angkat dan dinginkan terlebih dahulu.
  5. OK, SAMBIL menunggu bubur dingin, sekarang kita masak sausnya, yaitu dari santan. Ambil panci kecil dan masukkan santan kental, 1 lembar daun pandan yang sudah bersih, beri sedikit garam yodium dan aduk aduk sampai matang, angkat dan dinginkan.
  6. Sekarang kita buat kuah gula merahnya, Masukkan gula merah yang sudah dipotong kecil kecil tadi, daun pandan yang sudah disimpul dan masukkan air secukupnya. Aduk hingga gula semuanya larut dalam air, anda bisa juga menambahkan kayu manis agar manfaat bubur sumsum untuk kesehatan lebih bagus.

Nah, sampai disini anda sudah selesai membuat bubur sumsum lezat. Caranya sederhana dan hasilnya bisa menggoda anda. Coba buat masakan ini untuk keluarga anda, dan rasakan hasilnya, siapa tahu bubur sumsum ini bisa menjadi masakan kesukaan keluarga anda. Ok, demikianlah resep cara membuat bubur sumsum lezat, semoga bermanfaat.

Lihat juga resep bubur lainnya:

Artikel Terkait Bubur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar